Fungsikan UPTD di Kecamatan

Guru Diminta untuk Fokus Mengajar

Dibaca: 55852 kali  Sabtu, 10 Oktober 2015 | 09:08:20 WIB

BAGANSIAPIAPI-riautribune: Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Bina Widya yang merupakan perpanjangan tangan dinas pendidikan di kecamatan merasa dilangkahi. Pasalnya, banyak urusan sekolah di kecamatan baik kepentingan sekolah, kepala sekolah dan guru tidak melibatkan mereka dan langsung dilakukan ke dinas pendidikan di kabupaten.

Untuk itu, pihak UPTD meminta agar tugas dan fungsi UPTD di kecamatan untuk dikembalikan. Demikian dikatakan Pelaksanakan Tugas (Plt) Sekretarias Daerah (Sekda) Rohil, Drs. H. Surya Arfan, M.Si, Jumat (9/10) di Bagansiapiapi. "Serahkanlah ke UPTD, jadi tak harus langsung ke Bagansiapiapi. Selain memakan waktu juga memakan biaya. Guru-guru harus fokus saja untuk mengajar di skeolah," kata Sekda.

Hal tersebut dikatakan Sekda, terkait dengan banyaknya laporan yang diterimanya bahwa banyak guru yang mangkir mengajar dengan alasan ada urusan ke dinas. Sekda berharap hal tersebut tidak terulang kembali. "Kita akan sampaikan persoalan tersebut ke dinas pendidikan. Jika itu bisa diurus kepala UPTD, kenapa harus kepala sekolah atau guru yang mengurus. Cukup UPTD saja, jadi fungsi UPTD bisa dijalankan dan gurupun tak terganggu jam mengajarnya," jelas Sekda.

Namun demikian, tambah Sekda, apabila ada hal yang memang harus diselesaikan kepala sekolah atau guru, maka diperbolehkan mereka yang mengurus. Tentu ini dengan catatan, jangan sampai murid di sekolah tersebut tidak belajar.

Mantan Kadisdik Rohil ini juga meminta urusan dinas lain seperti ke Badan Kepegawaian Daerah (BKD) terkait masalah gaji, honor dan lainnya, selagi bisa ditangani UPTD maka kepala sekolah dan guru tidak diperkenankan meninggalkan sekolah. "Kita lihat di BKD penuh orang karena mengurus masalah pribadi mereka. Saya harap pemandangan seperti ini jangan sampai ada lagi lah," harapnya.

Sekda juga berpesan kepada kepala UPTD untuk bisa cepat melaksanakan urusannya ke dinas dan jangan menunggu banyak baru diurus. "Kalau wewenang sudah diberikan, laksanakanlah dengan segera. Jika menunggu banyak terkumpul ya bakalan lama selesainya. Ingat, yang diurus bukan hanya untuk kecamatan kita saja, namun semua yang ada di Rohil," pesan Sekda lagi. (rus)

Akses Riautribune.com Via Mobile m.riautribune.com
 
Tulis Komentar Index »
Baca Juga Kumpulan Berita "Fokus Riau" Index »