Datuk Seri Ulama Setia Negara Melekat ke Abdul Somad Seumur Hidup

Dibaca: 18644 kali  Selasa, 20 Februari 2018 | 10:36:01 WIB
Datuk Seri Ulama Setia Negara Melekat ke Abdul Somad Seumur Hidup
Ket Foto :

PEKANBARU - riautribune: Gelar Datuk Seri Ulama Setia Negara yang diberikan kepada Ustaz Abdul Somad akan melekat seumur hidup. Gelar ini berbeda dengan gelar kebanyakan diterima oleh kepala daerah lainnya di Riau Kalau gelar Datuk Seri Setia Amanah diberikan ke banyak kepala daerah terbatas pada masa jabatan.

Jika masa jabatannya sudah habis sebagai kepala daerah, maka gelar itu akan lepas. Namun berbeda dengan gelar datuk yang diberikan ke Ustaz Abdul Somad.

Gelar Datuk Seri Ulama Setia Amanah, akan melekat ke Ustaz Abdul Somad seumur hidup. Upacara penobatan gelar untuk Somad berlangsung di Gedung LAM Riau, Jalan Diponegoro Pekanbaru, Selasa (20/2/2018).

Bersamaan dengan itu, Somad diberi pakaian Adat Melayu, kain selempang dan tanjak. Ini adalah pakaian kebenarannya sebagai datuk. "Pemberian gelar adat ini sudah dimusyawarahkan.

Dipilih menurut patut barulah disemaikan ke langit, agar semua orang dapat mendengarnya, melihatnya, mengenangnya. Serta melekat pula himbauan kepadanya sebagai Datuk Seri Ulama Setia Negara kepadanya, selama-lamanya," kata Ketua Umum LAM Riau Al-Azhar. "Kalau kelak dikemudian hari terjadi salah silap, maka gelar kehormatan ini akan gugur, sebagaimana gugurnya iman dari dirinya," sambungnya.

"Bila tanjak telah terpasang tanda daulah telah didulang," tambahnya. Selempang dipasangkan ke Ustaz Abdul Somad oleh Ketua Dewan Pimpinan Harian LAM Riau Syahrial Abu Bakar.

Selanjutnya Sekdaprov Riau Ahmad Hijazi menyelipkan keris dipinggang. Penabalan ini berlangsung sekitar pukul 09.40 WIB. Tanjak telah dipasang, selempang telah disandang dan keris sudah di pinggang. Maka resmilah Ustaz Abdul Somad bergelar Datuk Seri Ulama Setia Negara. (bpc)

Akses Riautribune.com Via Mobile m.riautribune.com
 
Tulis Komentar Index »
Baca Juga Kumpulan Berita "Fokus Riau" Index »