Darmin Klaim Paket Ekonomi Top, Rupiah Terus Menguat

Dibaca: 55137 kali  Rabu, 07 Oktober 2015 | 15:49:33 WIB
Darmin Klaim Paket Ekonomi Top, Rupiah Terus Menguat
Ket Foto : Foto Internet

JAKARTA-riautribune: Dua paket kebijakan ekonomi yang diluncur Presiden Jokowi mulai terasa manfaatnya. Sejak awal pekan, rupiah terus menguat terhadap dolar AS. Melihat hal ini, Menko Perekonomian Darmin Nasution girang.

Dalam perdagangan pagi tadi, dolar AS dibuka Rp 14.100. Menjelang siang, dolar terus turun sampai ke level Rp 13.900.

Darmin menyebut, menguatnya rupiah ini karena pasar mulai percaya dengan kebijakan yang diambil pemerintah.

"Bagus kan. Ini psikologis saja, artinya orang melihat kebijakan-kebijakan yang diambil, orang melihat bahwa ini serius, baik. Itu membuat orang lebih optimistis," ucapnya di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (7/10).

Menurut Darmin, turunnya rupiah selama ini bukan karena ekonomi Indonesia yang buruk. Rupiah terus tertekan karena aksi spekulan menjelang pengumuman bank sentra AS, The Fed mengumumkan kenaikan suku bunga. Setelah The Fed batal menaikkan suku bunga, aksi spekulan berhenti. Para pelaku pasar pun melihat Indonesia sebagai tempat potensial untuk menanamkan modal.

"Begitu (dolar AS) tembus Rp 14.000 orang ramai-ramai kemudian beli. Nah, kira-kira karena itu spekulasinya. Sekarang, begitu psikologisnya melihat wah ini menguat dia bergerak agak cepat," tandasnya dengan wajah yang nampak sumringah.(rmol/rt)

Akses Riautribune.com Via Mobile m.riautribune.com
 
Tulis Komentar Index »
Baca Juga Kumpulan Berita "Ekonomi" Index »

Jumat, 22 Juni 2018 - 15:42:21 WIB

Penyebab Argentina Kalah dari Kroasia di Piala Dunia 2018

Kondisi Tim Nasional (Timnas) Argentina semakin terpuruk. Skuad besutan Jorge Sampaoli itu kembali gagal meraih kemenangan pada matchday kedua Grup D Piala Dunia 2018. Pada pertandingan yang berlangsung di Stadion Niznhy Novgorod, Jumat (22/6/2018) dini hari WIB, Argentina harus menelan pil pahit setelah kalah telak dari Kroasia. La Albiceleste –julukan Argentina– takluk 0-3 pada pertandingan tersebut.