774 Orang Mahasiswa Unri Terima Beasiswa

Dibaca: 21920 kali  Selasa, 06 Februari 2018 | 17:07:34 WIB
774 Orang Mahasiswa Unri Terima Beasiswa
Ket Foto :

PEKANBARU - riautribune :  Universitas Riau (Unri) bekerjasama dengan Provinsi Riau menyerahkan beasiswa kepada mahasiswa Unri dalam bentuk Bantuan Sosial Pendidikan, Beasiswa Bhakti Negeri, Bidikmisi, Tamatan Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) bagi mahasiwa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Unri, Selasa, (6/2) di aula serbaguna lantai IV gedung Rektorat Kampus Bina Widya Panam Unri.

“Beasiswa bertujuan untuk menunjang kelancaran akses pendidikan. Terhitung sejak tahun 2015 lalu hingga 2017, Pemerintah Propinsi Riau melalui Dinas Pendidikan, telah menyerahkan sebanyak 1884 orang mahasiswa khusus untuk Unri.Hal ini disampaikan Rudiyanto Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Riau dihadapan 774 orang mahasiswa penerima beasiswa. 

“Pada tahun ini kita menyerahkan beasiswa bagi mahasiswa FKIP (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan-red) 400 orang, Bidikmisi 74 orang, Bhakti Negeri 90 orang, dan Bantuan Sosial 214 orang. Sebagai penerima beasiswa, tentu punya tanggung jawab moral ekstra bagi mahasiswa bersangkutan, karena ikut mendukung kegiatan belajar, bukan hanya penerima beasiswa, orang tua saja, tapi juga masyarakat di luar sana lewat beasiswa. Inilah dukungan dari Propinsi Riau, maka anda mempunyai tanggung jawab moral ekstra,” terang Rudiyanto.

“Konsekuensinya yang dapat beasiswa, maka prestasinya harus baik, tidak hanya akademi saja, tapi supaya dikombinasikan, akademi yang kuat, tapi tumbuhkan life skill-nya, kepemimpinnya, entrepreneurship-nya, dan kemampuan organisasi juga ditingkatkan. dengan demikian akan menjadi orang yang komplit, akademi kuat, intelektual solid, leadership baik, Insya Allah anda akan menjadi orang-orang yang bermanfaat di masa depan,” kata Rudiyato.

“Jadi pesan saya pertama tanggung jawab moral, prestasi, dan yang ketiga dari semua adalah tanamkan keyakinan diri kelak suatu hari mendatan akan jadi pemberi beasiswa bahkan untuk memajukan provinsi riau untuk kemajuan dunia pendidikan,” jelas Rudiyanto.

Senada hal tersebut, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Unri, Drs Syapsan ME menyampaikan beasiswa bertujuan untuk menunjang akses pendidikan bagi mahasiswa D3 (Diploma Tiga-red) dan S1 (Strata Satu-red) melalui mekanisme seleksi dan verifikasi. “Beasiswa ini untuk meningkatkan akses pendidikan di perguruan tinggi bagi peserta didik SLTA sederajat dari kalangan keluarga yang tidak mampu. Tapi mereka memiliki prestasi akademik yang tinggi, sehingga masih bisa melanjutkan pendidikannya,” kata Saypsan.

Adapun beasiswa Bidikmisi yang diberikan kepada mahasiswa setiap semester untuk menunjang segala biaya pendidikan selama kuliah diperguruan tinggi , hingga lulus menjadi sarjana. Dari pemberian beasiswa ini, konsekuensinya mahasiswa penerima harus meningkatkan prestasi akademiknya. Akan ada evaluasi per semester. Bila penerima tidak meningkatkan prestasi, maka akan dialihkan,” pungkasnya. (wnd)

Akses Riautribune.com Via Mobile m.riautribune.com
 
Tulis Komentar Index »
Baca Juga Kumpulan Berita "Fokus Riau" Index »

Senin, 13 Agustus 2018 - 19:26:36 WIB

Michale: "Kami Harap Mitra Paham, Perusahaan Juga Harus Bertahan"

PEKANBARU-riautribune: Menanggapi aksi demo yang dilakukan oleh ratusan sopir Gocar di Pekanbaru, Senin (13/8),Vice President Corporate Communications GO-JEK Michael Say mengatakan, pihaknya sangat terbuka mendengarkan masukan dari mitra, namun demikian pihak Gojek Indonesia berharap para mitra memahami, karena perusahaan harus bertahan terhadap kondisi pasar.