Rusli Effendi Ajak Mahasiswa UIN Suska Berinovasi

Dibaca: 13891 kali  Sabtu, 27 Januari 2018 | 12:24:53 WIB
Rusli Effendi Ajak Mahasiswa UIN Suska Berinovasi
Ket Foto :

Riautribune:Ketua Umum Yayasan Istiqlal Indonesia sekaligus Sekretaris Badan Pelaksana Pengelolaan Masjid Istiqlal, Rusli Effendi didaulat memberikan pembekalan untuk 278 mahasiswa Fakultas Syariah dan Hukum UIN Suska Riau yang akan melakukan Praktik Kerja Lapangan (PKL).

 

Dalam menyampaikan materinya, putra kelahiran Pasir Limau Kapas, Rokan Hilir ini lebih banyak berbagi ilmu dan pengalaman untuk generasi muda Riau. Baginya, hadir di UIN bagaikan basic to basic, karena ia merupakan alumni UIN sekaligus sebagai akademisi atau dosen.

 

"Di era globalisasi saat ini, banyak tantangan yang mesti dihadapi, terutama yang berkaitan dengan Sumber Daya Manusia (SDM)," kata Rusli Effendi mengawali materi yang disampaikannya dalam acara yang berlangsung, Kamis kemarin. Selain itu, perkembangan tekhnologi yang cepat melahirkan modernisasi di berbagai bidang. Dari mekanisasi industri sampai robotisasi sebagai aspek pekerjaan. Sehingga menggerus penggunaan tenaga kerja manusia.

 

"Untuk itu, maka diperlukan SDM yang berkualitas, memiliki skill sampai upaya menemukan berbagai inovasi. Inovasi bisa diartikan sebagai proses pembaharuan dengan menciptakan hal baru yang berbeda dengan sebelumnya," jelas mantan anggota DPRD Riau.

 

Ketua Umum Persatuan Masyarakat Riau Jakarta melanjutkan, inovasi juga dapat diartikan sebagai penemuan baru dalam tekhnologi atau kemampuan dalam memperkenalkan temuan baru yang berbeda dari yang telah ada sebelumnya. Ringkasnya menjadi pengetahuan baru, cara baru, objek baru, tekhnologi baru dan penemuan baru.

 

Di mata politisi PPP ini, masa depan Indonesia sangat diperlukan kampus dan alumni yang berkualitas. Apalagi perguruan tinggi merupakan labor eksperimen bagi kemajuan suatu bangsa. "Oleh sebab itu, dalam menghadapi hidup ini, kita harus terus menggali dan mengasah potensi diri yang dimiliki. Juga perlu didukung dengan budaya yang positif, semangat dan penuh keyakinan.

 

Marilah menjadi mahasiswa yang nyata, jangan jadi mahasiswa yang pura-pura," tegasnya. Hadir dalam kesempatan tersebut, Dekan Fakultas Syariah dan Hukum, Prof. Dr. H Akbarizan, M.Ag, MPd serta para wakil dekan. Sebelum memberikan pembekalan, ia menyempatkan diri untuk bersilaturahmi dengan Rektor UIN Suska Riau, Prof. Dr. H Munzir Hitami, MA. (Rtn)

Akses Riautribune.com Via Mobile m.riautribune.com
 
Tulis Komentar Index »
Baca Juga Kumpulan Berita "Fokus Riau" Index »