Promosi Doktor,

Rektor UMTAS Apresiasi Mujiarto Temukan Model Pembelajaran E-MMAGT

Dibaca: 9135 kali  Jumat, 26 Januari 2018 | 08:19:41 WIB
Rektor UMTAS Apresiasi Mujiarto Temukan Model Pembelajaran E-MMAGT
Ket Foto :

BANDUNG  – riautribune : Dosen Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya, Mujiarto menjalani Sidang Promosi Doktor di Auditorium Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia Bandung, Rabu (24/1/18).

Sidang ini dalam rangka diperolehnya Gelar Doktor Bidang Pendidikan Teknologi dan Kejuruan dengan Disertasi yang berjudul : Pengembangan Bahan Ajar Inovatif Menggambar Teknik. Bertindak sebagai majelis penguji dalam sidang promosi doktor ini diantaranya adalah: Prof Dr H Disman MS, Prof Dr H Asari Djohar MPd, Dr Mumu Komaro MT, Dr Ade Gafar Abdullah MSi, Dr Eng Agus Setiawan MSi, dan Dr Wagiran MPd.

Dalam disertasinya Mujiarto mengungkapkan bahwa di beberapa SMK Bidang Keahlian Teknologi dan Rekayasa pada materi menggambar teknik, proses pembelajarannya masih berpusat pada guru sehingga berakibat rendahnya kompetensi siswa.

“Mujiarto menjelaskan tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengatasi hal tersebut, maka perlu mengembangkan bahan ajar inovatif menggambar teknik untuk meningkatkan kompetensi siswa SMK,” ucapnya.

Dijelaskannya, hasil dari penelitian ini adalah e-book berbasis Multimedia Animasi Gambar Teknik (MMAGT) dengan karakteristik khusus yang mudah diakses atau terjangkau oleh mata dan logika siswa, karena materi proyeksi ortogonal memerlukan imajinasi atau daya khayal terhadap wujud dari suatu benda.

“Dengan menggunakan MMAGT hal tersebut dapat teratasi dan penguasaan konsep terhadap materi proyeksi ortogonal juga mengalami peningkatan,” sambung Mujiarto yang saat ini menjabat sebagai Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya (Umtas).

Sebagai tim Promotor Prof Dr As’ari Djohar dan ko-promotor Dr Mumu Komaro MT merasa puas atas capaian yang diperoleh Mujiarto.

“As’ari Djohar mengungkapkan Multimedia Animasi Gambar Teknik (MMAGT) temuan Mujiarto sangat bermanfaat bagi kemajuan pendidikan SMK di Indonesia. Diharapkan dengan temuan ini dapat memenuhi kebutuhan bahan ajar inovatif yang diminati dan dapat meningkatkan ketertarikan siswa dalam mempelajari mata pelajaran Gambar Teknik,” ungkapnya. 

Disamping itu, dengan MMAGT peserta didik lebih aktif dalam memberikan pendapat dan simulasi pemikiran, “sehingga MMAGT bersifat student center dan hasil belajar lebih dalam karena masuk pada ingatan jangka panjang,” kata As’ari.

 “Hal senada dikatakan Ko-Promotor Dr Mumu Komaro diharapkan dengan MMAGT temuan Mujiarto bisa menjadi alternatif model pengajaran yang meningkatkan penguasaan konsep gambar teknik khususya materi Proyeksi Ortogonal yang merupakan Ruh dalam mempelajari mata pelajaran Gambar Teknik di SMK,” sambungnya.

Sidang promosi Doktor ini juga dihadiri Dr Ahmad Qonit AD MA Ketua Umtas, Dr Waspada Kurniadi MSc Ketua LSP2, Anggia Suci Pratiwi Sekretaris LPPM, Elfan Fanhas Kh Mag Wakil Dekan 1 FKIP, Gugun Gundara ST MT Ketua Prodi Teknik Mesin, perwakilan Dosen FKIP dan Dosen Fakultas Teknik.

Ketua Umtas Dr Ahmad Qonit AD MA mengatakan sangat bangga atas prestasi yang telah dicapai Mujiarto, dan telah mempertahankan hasil disertasinya dengan hasil sangat memuaskan sehingga dengan diraihnya gelar Doktor ini, Umtas kini memiliki Doktor dibidang Pendidikan Teknologi dan Kejuruan yang pertama.

“Apalagi saat ini Mujiarto menjabat sebagai Ketua LPPM Umtas dan telah mengantarkan Umtas sebagai pemenang Hibah Penelititan dan Pengabdian terbanyak di Priangan Timur dan sekitarnya dari DRPM Ristekdikti selama dua tahun berturut-turut, tahun 2017 dan 2018,” imbuh Ketua Umtas. (js)

 
Akses Riautribune.com Via Mobile m.riautribune.com
 
Tulis Komentar Index »
Baca Juga Kumpulan Berita "Fokus Riau" Index »