Tahun Ini, Unri Tempati Posisi ke-8 versi “Webometrics”

Dibaca: 29996 kali  Kamis, 25 Januari 2018 | 14:58:57 WIB
Tahun Ini, Unri Tempati Posisi ke-8 versi “Webometrics”
Ket Foto :

PEKANBARU - riautribune : Mengawali tahun 2018, Universitas Riau (Unri) memperoleh peringkat ke-8 se-Perguruan Tinggi di Indonesia rilis versi webometrics tahun 2018. Webometrics adalah suatu sistem yang memberikan penilaian terhadap seluruh universitas terbaik di dunia melalui website resmi universitas. webometric melakukan pemeringkatan terhadap lebih dari 20.000 Perguruan Tinggi di seluruh dunia.

Pada pemeringkatan versi webometrics ini, Universitas Riau berada pada peringkat ke-8 dari sebanyak 2122 Universitas yang ada di Indonesia. Diawali dengan peringkat pertama yang ditempati oleh Universitas Indonesia, disusul dengan Universitas Gadjah Mada, Institut Teknologi Bandung, Institut Pertanian Bogor, Universitas Syiah Kuala, Universitas Padjadjaran Bandung, dan Universitas Hasanuddin.

Rektor Universitas Riau, Prof Dr Ir Aras Mulyadi DEA, sangat mengapresiasi hasil pemeringkatan versi webometrics yang diraih Unri pada pemeringkatan tahun 2018 ini. “Peringkat ini adalah bukti kalau “Jendela Universitas” melalui saluran website, cukup diminati oleh khalayak pengguna informasi. Peringkat yang tengah diperoleh Unri ini dapat menjadi tolok ukur bagi Unri bahwa bahan informasi yang disediakan pada website Universitas memiliki tingkat yang cukup signifikan dalam bagi masyarakat informasi saat ini.”

Ada empat komponen yang menjadi indikator utama dari penilaian webometrics, yaitu berdasarkan jumlah artikel-artikel ilmiah publikasi perguruan tinggi yang bersangkutan yang terindeks di Scimago Institution Ranking, Kemudian berdasarkan jumlah halaman website dan halaman dinamik yang tertangkap oleh mesin pencari (Google). Selanjutnya berdasarkan indikator jumlah eksternal link yang unik yang diterima oleh domain web universitas yang tertangkap oleh mesin pencari (Google). Serta indikator jumlah file dokumen yang online maupun open di bawah domain website universitas yang tertangkap oleh mesin pencari (Google).

“Peringkat ke-8 ini, tentunya tidak hanya berhenti sampai itu saja. Bukan berarti peringkat ini akan tetap stagnan pada posisi ini, namun dapat bergerak terus ke atas sebagai bentuk dari tingginya minat masyarakat informasi di zaman saat ini, dan tentunya menjadi penunjang bagi pengelola penyedia bahan informasi melalui website untuk memperkaya penyediaan informasi dengan sebaik-baiknya, untuk memenuhi kebutuhan informasi yang bermanfaat bagi pengguna informasi secara luas,” harap Rektor Unri ini berpesan. (rbt)***

Akses Riautribune.com Via Mobile m.riautribune.com
 
Tulis Komentar Index »
Baca Juga Kumpulan Berita "Fokus Riau" Index »