Istana Siak Nyaris Terbakar

Ketua DPRD Siak Minta Bupati Evaluasi Dinas Pariwisata

Dibaca: 15089 kali  Selasa, 09 Januari 2018 | 12:58:22 WIB
Ketua DPRD Siak Minta Bupati Evaluasi Dinas Pariwisata
Ket Foto : Ketua DPRD Siak, Indra Gunawan

SIAK  - riautribune : Istana Siak nyaris terbakar ulah oknum orang tak bertanggung jawab. Kejadian ini membuat Ketua DPRD Siak, Indra Gunawan, berang. Ia meminta Bupati Siak Syamsuar melakukan evaluasi terhadap kinerja Dinas Pariwisata Siak. 

Indra Gunawan menilai selama ini pengawasan di dalam Istana Siak lemah. Ia menegaskan bahwa Istana Siak ini bukan lapangan bola dimana orang bisa masuk dari sudut mana saja.

“Selama ini saya diam saja melihat kinerja OPD di Siak ini. Tapi, dengan kejadian ini, tidak mungkin saya biarkan begitu saja. Ini adalah nadi kabupaten Siak, kalau tidak ada istana Siak ini, apa lagi yang kita banggakan?” tegas Indra Gunawan.

Menurut Indra, kejadian ini akibat kelalaian Dinas Pariwisata Siak. “Karena itu, kita minta bupati Siak mengevaluasi kinerja Dinas Pariwisata. "Istana Siak ini bukan milik masyarakat Siak saja, melainkan situs budaya nasional yang harus kita jaga bersama,” cakap Indra.

Terkait masalah CCTV yang ada di dalam Istana Siak, Ketua DPRD Siak ini mengaku, selama ini Dinas Pariwisata Siak tidak pernah mengajukan anggaran perbaikan CCTV. Karena itu, ia meminta agar Kepala Dinas Pariwisata jangan asal omong mengatakan tidak ada anggaran.

“Pernah tidak selama ini Dinas Pariwisata Siak mengajukan anggaran untuk CCTV dan alat kebakaran dalam Istana Siak? Tak pernah. Kalau itu diajukan, dewan pasti menyetujuinya,” tegas Indra.

Usut Tuntas

Selain itu, Indra Gunawan juga meminta pihak penegak hukum agar segera mengusut kejadian ini dengan tuntas. Ia berharap pelaku pembakaran segera ditangkap.

Di tempat lain, Bupati Siak Syamsuar mengutuk keras tindakan pembakaran aset istana Siak Sri Indrapura. Kejadian yang terjadi Senin (8/1/2018) kemarin itu membuat Syamsuar kaget. Hal tersebut disampaikan Syamsuar melalui postingan media sosialnya Facebook, Senin (8/1/2018) pukul 20.00 WIB. 

"Saya mendapat kabar mengejutkan, ada oknum yang diindikasi sengaja membakar Istana Siak Asserayah Hasyimiah. Saya sangat mengutuk keras tindakan biadab dan tidak terpuji ini. Saya juga telah berkoordinasi dengan semua jajaran terkait, termasuk pihak kepolisian, untuk segera mengusut kejadian ini dengan tuntas," tulisnya.(ckp)

 
 
Akses Riautribune.com Via Mobile m.riautribune.com
 
Tulis Komentar Index »
Baca Juga Kumpulan Berita "Fokus Riau" Index »