Setelah Guncang Tasikmalaya, Gempa 5,7 Skala Richter Landa Garut

Dibaca: 23203 kali  Sabtu, 16 Desember 2017 | 09:18:12 WIB

JAKARTA - riautribune : Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengumumkan kembali terjadi gempa  di wilayah Jawa Barat pagi ini. Gempa tersebut berkekuatan 5.7 skala richter yang berpusat di sekitar Garut, Jawa Barat.

Kepala Humas BMKG Hary Tirto Jatmiko mengatakan gempa tersebut dilaporkan terjadi pada pukul 07.22 WIB. Titik gempa tersebut berada di 129 kilometer barat daya Kota Garut, dengan kedalaman 10 kilometer.

"Gempa tersebut tidak berpotensi tsunami," kata dia kepada Tempo, Jumat, 16 Desember 2017. Namun gempa tersebut dilaporkan bisa dirasakan antara lain di Ciamis, Cileungsi, Sukabumi, dan wilayah Jawa Barat lainnya.

 
 
 

 
 
 

Sebelumnya gempa berkekuatan 6.9 skala richter yang mengguncang wilayah pesisir Jawa Barat dan Jawa Tengah pada Jumat, 15 Desember 2017 malam. Gempa tersebut sempat membuat panik warga yang tinggal di sekitar Tasikmalaya hingga Yogyakarta.

BMKG juga sempat menyatakan status waspada tsunami setelah gempa melanda. Namun status tersebut sudah dicabut karena tidak terlihat tanda-tanda tsunami setelah beberapa jam gempa berlalu.

Adapun korban dari gempa sebelumnya, kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho, setidaknya dua orang meninggal dunia, tujuh orang luka-luka, 43 rumah rusak berat dan roboh, 65 rumah rusak sedang, 10 rumah rusak ringan dan beberapa bangunan publik mengalami kerusakan.(tempo)

Akses Riautribune.com Via Mobile m.riautribune.com
 
Tulis Komentar Index »
Baca Juga Kumpulan Berita "Nasional" Index »