Dewan Sebut Perda Pengelolaan Limbah Pabrik Sawit Penting 

Dibaca: 27670 kali  Ahad, 10 September 2017 | 15:30:54 WIB
Dewan Sebut Perda Pengelolaan Limbah Pabrik Sawit Penting 
Ket Foto : Ketua Pansus I DPRD Rohil Hj Suryati saat pertemuan dengan Pemkab Rohil.

ROKAN HILIR–riautribune: Anggota DPRD Rohil Hj Suryati menerangkan DPRD mendorong peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari berbagai sektor. Pemkab diminta bisa kreatif mendorong dinas terkait untuk dapat mengelola potensi yang ada secara maksimal. 

 

Potensi yang tengah dilirik oleh dewan adalah pemanfaatan limbah sawit. Sumber atau pasokan diprediksi melimpah pasalnya perkebunan sawit di Rohil merupakan salah satu yang terluas di Riau diikuti pula dengan banyaknya keberadaan Pabrik Kelapa Sawit (PKS). 

 

Dalam pertemuan yang dilaksanakan DPRD Rohil dengan pihak pemkab belum lama ini terungkap sedikitnya terdapat 37 PKS di wilayah Rohil. Kapasitas operasi PKS itu puluhan ton setiap harinya. 

 

"Perda tentang pengelolaan limbah pabrik tersebut sangat penting, apalagi diketahui terdapat banyak pabrik sawit di Rohil yang mana untuk pengaturan menyangkut pengelolaan limbahnya belum ada di daerah ini," kata Ketua Panitia Khusus (Pansus) I DPRD Rohil Hj Suryati ini. 

 

Suryati menegaskan harus ada kejelasan dan regulasi dalam pengelolaan limbah termasuk untuk pemanfaatannya lebih lanjut. Seperti diketahui dalam kegiatan pengolahan sawit menyisakan limbah yang tak sedikit termasuk cangkang sawit. Bila potensi itu digarap dengan baik diperkirakan bisa mendatangkan pendapatan bagi daerah secara maksimal.(Adv)
 

Akses Riautribune.com Via Mobile m.riautribune.com
 
Tulis Komentar Index »
Baca Juga Kumpulan Berita "Legislator" Index »