KPU Kurang Maksimal Sosialiasi

Pilkada Bengkalis Dinilai Tanpa Gaung

Dibaca: 71336 kali  Sabtu, 03 Oktober 2015 | 10:25:18 WIB

BUKITBATU-riautribune: Masyarakat Kecamatan Bukitbatu menilai, sosialisasi pelaksanaan Pilkada serentak Desember 2015 ini masih belum maksimal. Sehingga gaung pesta demokrasi itu sendiri terasa kurang di tengah-tengah  masyarakat.

Hal tersebut diungkapkan masyarakat Bukitbatu Rusdi Ispandi, Jumat (02/09) terkait tahapan Pilkada serentak yang akan dilaksanakan 9 Desember nanti. Tidak hanya itu, mayoritas masyarakat di Kecamatan Bukitbatu sendiri terkesan tidak peduli menjelang pesta demokrasi tingkat kabupaten tersebut, karena memang kurangnya sosialisasi.

“KPU dan PPK kurang sosialisasi ke tengah masyarakat. Padahal di Kabupaten Siak misalnya, sosialisasi Pilkada sudah sampai ke masyarakat. Salah satu indikatornya adalah pemasangan baleho seluruh calon oleh KPU, termasuk data pemilih tetap (DPT),” ujar Rusdi Ispandi.

Ketua Depot Kreasi Anak Melayu (Dekam) Bukitbatu tersebut meminta kepada KPU supaya mulai bersosialisasi ke tengah masyarakat, setidaknya melalui baleho pasangan calon dan imbauan tentang pelaksanaan Pilkada itu sendiri. Kemudian, sosialisasi tentang jadwal, tatacara pemilihan maupun penghitungan suara belum tersosialisasi secara maksimal, tidak hanya kepada masyarakat, bahkan petugas seperti PPS dan KPPS.

“Harapan kita gaung Pilkada serentak untuk Kabupaten Bengkalis awal Oktober ini sudah terasa ke masyarakat. Apalagi sekarang visi dan misi pasangan calon secara tertulis sepenuhnya berada di tangan KPU, yang akan dibagikan ke masyarakat, tapi belum dilaksanakan juga,” sambung Rusdi.

Menanggapi hal tersebut Komisioner KPU Bengkalis Khairul Saleh menyebutkan bahwa dalam melaksanakan sosialisasi Pilkada selain tim pemenangan, juga untuk alat peraga berada d ibawah naungan KPU. Sampai saat ini proses pelelangan pengadaan alat peraga berupa baleho, spanduk imbauan sudah selesai dilaksanakan.

“Informasi terakhir yang kita peroleh dari rekanan pemenang lelang, bahwa hari ini alat peraga baleho dan spanduk sudah sampai di Bengkalis. Dalam minggu ini juga semua alat peraga tersebut akan dipasang di seluruh kecamatan,” papar Khairul Saleh.

Sedangkan menyangkut sosialisasi atau liputan khusus lewat media massa, pria disapa Atah ini menambahkan media massa yang akan ditunjuk sebagai peliput ditentukan lewat proses pelelangan di Unit Layanan Pengadaan (ULP) Bengkalis. “Tenggat waktu pelelangan adalah 40 hari sebelum masa kampanye resmi dilaksanakan, sudah dilakukan lelang,” tambah Atah.(afa)

Akses Riautribune.com Via Mobile m.riautribune.com
 
Tulis Komentar Index »
Baca Juga Kumpulan Berita "Politik" Index »

Rabu, 25 Maret 2020 - 17:48:59 WIB

PERSOALAN WABAH COVID-19 DAN GEOPOLITIK PEMERINTAH DAERAH

Perkembangan teknologi perhubungan telah meluaskan kehidupan berbangsa dan bernegara, juga dalam perekonomian. Arus pergerakan orang, barang dan uang pun meningkat serta berimbas pada tuntutan pelonggaran pintu-pintu masuk ke suatu daerah. Kata-kata globalisasi, integrasi regional, infrastruktur hingga deregulasi menggambarkan kecenderungan tersebu