EDDY Yatim: “Siapa Yang Cita-Citanya Jadi Anggota DPRD?”
Komisi V DPRD Riau bidang Pendidikan dan Kesejahteraan melakukan Edukasi Parlemen ke siswa

EDDY Yatim: “Siapa Yang Cita-Citanya Jadi Anggota DPRD?”

Kamis, 06 Februari 2020|12:13:14 WIB



PEKANBARU: Suasana kantor DPRD, Selasa (6/2) tidak lagi seraca formal. Bertapa tidak, kali ini kantor DPRD Provinsi Riau terlihat lebih ramai, oleh ratusan siswa SD berbaju Pramuka, mereka terlihat duduk rapi di meja ruangan medium yang sehari-hari digunakan anggota DPRD Riau untuk menggelar rapat dengan mitra.

   Senyum gembira, dan rasa kikuk sesekali terlihat dari siswa SD IT asal Perawang ini. Tubuh kecil mereka, terlihat tenggelam di kursi para wakil rakyat. Siapa sangka, murid sekolah dasar ini, laksana anggota dewan yang bertugas sehari. Fasilitas merekapun lengkap, kursi anggota, podium pidato disebelah kiri, dan microfon otomatis yang terletak di masing-masing meja mereka.

   Ketua Komisi V DPRD Riau Eddy A Mohmd Yatim,Sos, bersama Sekretaris Komisi V Hj.Sulastri Sos,MH, yang memasuki ruangan medium pun disambut dengan lagu-lagu berspirit Pramuka dari siswa SDIT I’AANATUTH THALIBIN (SDIT AITI) Perawang Barat Kecamatan Tualang Kabupaten Siak.

   Dalam sambutannya dengan bahasa yang ringan, ketua Komisi V Eddy, sempat melemparkan kalimat motivasi.

   “Siapa nih, dari anak-anak kami yang hadir ini, cita-citanya ingin jadi anggota DPRD Riau,”Ucap mantan Pempred Batam Pos Grup Jawa Pos ini.

  Siapa sangka, pertanyaan tadi menjadi dorongan bagi siswa-siswi SD ini untuk juga bertanya.

   Putri siswa kelas V SD IT, menanyakan kenapa banyak gedung-gedung tinggi di kantor DPRD.

  “Pak, kok banyak gedung tinggi di sekitar Kantor DPRD ini,”Ucap siswa SD Perawang ini dengan lugu.

   Pada kesempatan berbeda, Ayya (10) siswa lainnya juga bertanya, kenapa jalan-jalan dari Kabupaten Siak menuju Pekanbaru banyak yang berlobang dan rusak. Bak menyampaikan aspirasi, ucapan siswa mungil inipun mendapat sambutan tepuk tangan dari anggota DPRD Riau.

  Menanggapi pertanyaan itu, Ketua Komisi V, sempat tersenyum simpul, begitu juga Makarius Anwar anggota Komisi I yang hadir dalam penyambutan ratusan siswa ini.

  “Iya, kami saat ini memang tengah serius mengusulkan, agar jalan-jalan yang rusak itu segera diperbaiki. Tetapi, kami sampaikan juga, ini ada beberapa hal yang harus anak-anak kami pahami. ada ruas jalan, yang menjadi wewenang dan tanggung jawab Pemerintah Pusat. Tetapi itu tetap menjadi tanggung jawab kami untuk membangun daerah, semoga ini juga jadi aspirasi untuk  Pak Makarius, sebagai wakil rakyat asal dapilnya,”Ucap Ketua Komisi V, sambil melempar senyuman ke anggota DPRD komisi I.

   Sang kepala Sekolah H Syaffruddin kepada wartawan menuturkan, kunjungan ini adalah bentuk mengenalkan lembaga DPRD kepada siswa, apa saja peran dan tugas-tugasnya.

“Minimal untuk mengenalkan kepada siswa kami, apa saja tugas DPRD. Tetapi yang utama adalah, bagaimana memberikan sebuah warna, motivasi kepada siswa, agar mereka mengetahui ada peran DPRD dalam membangun bangsa ini. Disinilah para wakil rakyat menyatukan pikiran dan gagasannya dalam menjawah persoalan masyarakat, namun tetap bermitra dengan eksekutif,”Ucap H Syafrrudin.

   Ratusan siswa ini, harus menempuh tiga jam perjalan menuju Gedung rakyat Provinsi Riau yang berada di Jalan Sudirman Pekanbaru. Namun demikian rasa lelah tak menjadi masalah,  rasa keingina tahuan yang besar para siswa ini, menurut Syafrruffin, jadi motivasi untuk melihat langsung Gedung DPRD dan bertemu dengan anggota DPRD Riau. 

  “Mereka ini anak bangsa, masa depan penerus Provinsi ini. Siapa tahu dengan motivasi ini, ada dorongan, bagi cita-cita mereka untuk juga duduk sebagai anggota DPRD di masanya,”Ucap ketua Komisi Eddy A Mohmd Yatim,Sos,Msi.

  Diakhir kegiatan, ketua komisi V Eddy A Mohd Yatim, dan Sekretaris Komisi V Hj.Sulastri Sos, MSi memberikan sejumlah hadiah siswa-siswi SDIT, dan  menyerahkan sejumlah buku yang dihibahkan kepada perpustakaan SDIT Maiimunnnah Perawang, guna meningkatkan budaya literasi di tingkat Kabupaten/kota khususnya sekolah SD IT.







Berita Terkait

Baca Juga Kumpulan Berita Pekanbaru

MORE

MOST POPULAR ARTICLE